PERATURAN DAN KODE ETIK KEANGGOTAAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Peraturan dan Kode Etik Perusahaan ini dibuat sebagai peraturan dan pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam bisnis PT. Graha Waskitha Indonesia dengan tujuan dan maksud sebagai berikut: 
  1.1.1. Menjelaskan dan mengatur hubungan antara Perusahaan dengan Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia. 
  1.1.2. Menjaga dan melindungi kepentingan Perusahaan dan Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia. 
  1.1.3. Menjelaskan mengenai peraturan dan etika yang harus ditaati dalam menjalankan bisnis PT. Graha Waskitha Indonesia.
  1.1.4. Menyatakan dan mengatur hak, kewajiban, tugas dan tanggung jawab Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dalam menjalankan bisnis PT. Graha Waskitha Indonesia.
  1.1.5. Mengatur dan melindungi kepentingan hukum Perusahaan dan Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia, dari tindakan Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang dapat menyebabkan dan atau berpotensi menyebabkan timbulnya kerugian terhadap Perusahaan dan/atau terhadap Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia lain. Semua Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia secara otomatis terikat dengan segala ketentuan yang ada dalam kode etik dan peraturan perusahaan PT. Graha Waskitha Indonesia. Selanjutnya Kode Etik dan Peraturan Perusahaan ini akan digunakan sebagai peraturan dan pedoman MitraUsaha PT. Graha Waskitha Indonesia dalam menjalankan bisnis PT. Graha Waskitha Indonesia.
1.2 Untuk memberikan pengertian dalam memahami Peraturan dan Kode Etik PT. Graha Waskitha Indonesia, perlu diberikan penjelasan tentang istilah yangdipergunakan sebagai berikut: 
  1.2.1. Perusahaan PT. IBU adalah PT. Graha Waskitha Indonesia. 
  1.2.2. Mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia adalah individu yang telah mendaftarkan keanggotaannya dengan cara menyerahkan formulir pendaftaran yang sah dan telah disetujui oleh perusahaan. 
  1.2.3. Upline adalah Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang berada pada satu garis lurus ke atas. 
  1.2.4. Downline adalah Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang berada pada satu garis lurus ke bawah. 
  1.2.5. Sponsor adalah upline yang memperkenalkan bisnis PT. Graha Waskitha Indonesia kepada calon Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia, dan menempatkan calon Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tersebut sebagai downlinenya. 
  1.2.6. Konsumen adalah pembeli dari produk-produk PT. Graha Waskitha Indonesia dengan tujuan untuk dipakai sendiri. 
  1.2.7. Crossline adalah mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang berbeda garis sponsor. 
  1.2.8. Jaringan adalah beberapa mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang berada dalam kelompok anggota yang bersangkutan. 
  1.2.9. Posisi/Peringkat adalah suatu jenjang karir mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang dapat dicapai dengan memenuhi syarat-syarat tertentu di Program Creative Marketing : Manager Creative Marketing (MCM), Leader Creative Marketing (LCM), Emeral Creative Marketing (ECM), Diamond Creative Marketing (DCM) dan President Creative Marketing (PCM).
    Perubahan atas jenjang karir tersebut akan berpengaruh terhadap Reward dan Penghasilan mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia. Semakin tinggi posisi/pringkat mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia maka semakin besar potensi bonus dan Reward yang akan didapatkan oleh mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tersebut. 
  1.2.10. Kartu Anggota/No.ID, adalah tanda pengenal yang diberikan oleh perusahaan kepada Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia sebagai bukti keanggotaan dan dipakai sebagai alat untuk berhubungan dengan Perusahaan, Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia serta konsumen dalam menjalankan aktivitas bisnis PT. Graha Waskitha Indonesia.
  1.2.11. Stater Kit adalah alat bantu/panduan dalam menjalankan bisnis PT. Graha Waskitha Indonesia yang berisi buku panduan, merupakan satu kesatuan dengan formulir pendaftaran keanggotaan, yang diberikan oleh perusahaan kepada Mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang baru. 
  1.2.12. Produk adalah barang–barang yang dipasarkan oleh perusahaan kepada para konsumen dan/atau Mitra usaha PT. Graha Waskitha Indonesia.
       
BAB II
PERMOHONAN/PENDAFTARAN MENJADI
MITRA USAHA PT. GRAHA WASKITHA INDONESIA
2.1 Setiap calon Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia telah berusia 18 tahun dengan kewarganegaraan yang jelas yang dibuktikan dengan data-data dan/atau bukti identitas diri (KTP) yang masih berlaku dan diakui keabsahannya. Untuk menjadi Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia, seorang pemohon diwajibkan mengisi, melengkapi dan menandatangani formulir pendaftaran secara jujur dan benar, serta berjanji dan mengikatkan diri untuk tunduk pada semua syarat-syarat, peraturan sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia,serta kode etik program pemasaran dan kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan lainnya yang ditetapkan oleh Perusahaan baik secara tertulis atau secara tidak tertulis baik yang telah ada sekarang dan/atautidak terbatas terhadap perubahan-perubahan, modifikasi dan/atau variasi. Formulir pendaftaran yang telah diisi dan ditanda tangani oleh calon Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia harus dikembalikan ke kantor PT. Graha Waskitha Indonesia dan harus mendapat persetujuan dari Perusahaan. Perusahaan memiliki kewenangan penuh untuk menyetujui atau menolak keanggotaan seseorang untuk menjadi Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia. 
2.2. Seorang calon Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dilarang memberikan keterangan atau informasi yang tidak benar atau tidak akurat kepada perusahaan. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia berkewajiban segera memberitahukan Pihak Perusahaan apabila terdapat perubahan atau kesalahan dalam mengisi/memasukkan data keanggotaannya sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia. 
2.3. Perusahaan mempunyai hak untuk segera menghentikan status keanggotaannya sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dalamhal yang bersangkutan telah secara sengaja memberikan informasi yang salah atau tidak akurat. Segala kerugian yang timbul terhadap Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia itu sendiri maupun terhadap Perusahaan ataupun Pihak-pihak lainnya yang disebabkan karena kesalahan, kelalaian dan/atau kesengajaandalam mengisi dan memberikan data kenggotaan menjadi tanggung jawab Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia itu sendiri secara pribadi.
       
BAB III
MASA KEANGGOTAAN SEUMUR HIDUP DAN BERSYARAT
Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dapat diberhentikan keanggotaannya sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia oleh perusahaan secara sepihak apabila yang bersangkutan secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam tindakan indisipliner seperti: 
3.1. Mensponsori Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia lain secara tidak benar, yaitu tidak mematuhi ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Peraturan dan Kode Etik ini. 
3.2. Merubah harga jual produk PT. Graha Waskitha Indonesia tanpa mendapat persetujuan lebih dahulu dari perusahaan.
3.3. Terlibat dalam aktivitas perusahaan penjual langsung lainnya atau perusahaan lainnya yang menjadi kompetitor langsung dengan PT. Graha Waskitha Indonesia. 
3.4. Melanggar dan/atau tidak mematuhi kode etik sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia serta program pemasaran atau kebijakan lainnya yang telah ditetapkan oleh PT. Graha Waskitha Indonesia 
3.5. Melakukan kegiatan yang secara langsung atau tidak langsung akan membawa pengaruh negatif kepada produk, program pemasaran, maupun perusahaan PT.  Insan Berkah Utama. 
3.6. Menyampaikan informasi yang salah tentang produk PT. Graha Waskitha Indonesia dan program pemasaran perusahaan. 
3.7. Melakukan tindakan atau perbuatan yang bertentangan dengan Hukum yang berlaku yang secara langsung atau tidak langsung akan membawa pengaruh negatif kepada produk maupun PT. Graha Waskitha Indonesia
       
BAB IV
BIAYA PENDAFTARAN DAN KETENTUAN
MENJADI MITRA USAHA PT. GRAHA WASKITHA INDONESIA
4.1. Biaya pendaftaran keanggotaan sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia ditetapkan sebesar :
 
No.
PROGRAM
WILAYAH I
WILAYAH II
WILAYAH III
WILAYAH IV
1.
2.
3.
Silver
Gold
Repeat Order CM
Rp. 350.00
Rp. 1.000.000
Rp. 500.000
Rp. 355.00
Rp. 1.010.000
Rp. 505.000
Rp. 360.00
Rp. 1.020.000
Rp. 510.000
Rp. 400.000
Rp. 1.100.000
Rp. 550.000
  Keterangan :  
  • Wilayah I    : ( Sulsel, Sulbar,)
  • Wilayah II   : ( Sultra, Sulteng, Gorontalo, Sulut, Maluku, Pulau Jawa, Kaltim, Kalut, Bali, NTB )
  • Wilayah III  : ( Kalsel, Kalbar, Pulau Sumatera, NTT, Papua)
  • Wilayah IV  : ( Luar Negeri )
4.2. Besaran biaya dapat berubah setiap waktu. Perubahan atas biaya pendaftaran tersebut akan diumumkan dan berlaku efektif setelah pengumuman atau pemberitahuan resmi dikeluarkan dari PT. Graha Waskitha Indonesia. 
4.3. Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia akan mendapatkan Starter Kit dan Kartu ID serta Paket produk sesuai dengan masing masing Program. 
       
BAB V
AHLI WARIS DAN PENGHIBAHAN KEANGGOTAAN
5.1. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dapat menunjuk siapa saja yang mempunyai kewarganegaraan yang sama menjadi ahli warisnya. Jika nama ahli waris tidak tercantum dalam formulir permohonan Keanggotaan maka yang menjadi ahli warisnya adalah saudara yang terdekat. Apabila terjadi perselisihan tentang siapa yang menjadi ahli waris yang sah setelah seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia meninggal dunia, Perusahaan hanya mengakui ahlimwaris berdasarkan Keputusan atau penetapan lembaga peradilan sesuai dengankewarganegaraan yang bersangkutan. PT. Graha Waskitha Indonesia berhak menahan/membekukan keuntungan apa saja termasuk bonus dan komisi sampai diperoleh keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum. 
5.2. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dilarang mengalihkan, menghibahkan atau mengalihkan hak lainnya sebagai seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia kepada orang lain tanpa persetujuan tertulis dari PT. Graha Waskitha Indonesia. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dapat mendelegasikan tanggung jawabnya tetapi tetap bertanggung jawab untuk memastikan semua tindakan yang diambil sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 
       
BAB VI
PENGALIHAN KEANGGOTAAN
Pengalihan keanggotaan dapat dibagi menjadi 2 kategori:
6.1. Jika seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia meninggal dunia, maka ahliwarisnya secara otomatis akan mengambil alih keanggotaannya. Jika nama ahliwaris tidak disebutkan, pengalihan dimaksud akan ditentukan berdasarkan Putusan atau Penetapan Lembaga Peradilan yang berlaku di Negara setempat. Secara bersamaan, PT. Graha Waskitha Indonesia berhak menahan/membekukanseluruh keuntungan termasuk tetapi tidak terbatas pada bonus, komisi sampai kasusnya diputuskan. 
6.2. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang telah mencapai usia 65 tahun atau tidak mampu menjalankan bisnis PT. Graha Waskitha Indonesia karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan, jika disetujui oleh PT. Graha Waskitha Indonesia maka Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang bersangkutan diijinkan mengalihkan keanggotannya kepada siapa saja yang diainginkan menjadi ahli warisnya. 
       
BAB VII
PENDAFTARAN GANDA & PERUBAHAN DATA/EDIT PROFILE
7.1. Dalam hal terjadi dan ditemukan pendaftaran ganda PT. Graha Waskitha Indonesia berhak segera membatalkan nomor ID Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tersebut tanpa pemberitahuan lebih lanjut. 
7.2. Tindakan disiplin seperti pembekuan atau pembatalan seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dapat dilakukan kepada Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia atau sponsor yang secara langsung atau tidak langsung atau secara sengaja atau tidak sengaja terlibat langsung dalam pendaftaran ganda. 
7.3. Seseorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang hendak melakukan perubahan data/edit profile keatas nama mitra lain, harus mengajukan permohonan tertulis bermaterai kepada PT. Graha Waskitha Indonesia dan membayar biaya administrasi sebesar Rp. 1.500.000.- (satu juta lima ratus ribu rupiah) per 1 Nomor ID. 
7.4. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dilarang terlibat secara langsungatau tidak langsung untuk meyakinkan, mempengaruhi atau membantu Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia lain agar megalihkan statusnya sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia di jaringannya atau mengalihkan kepada sponsor lain. Dalam hal ini termasuk tindakan menawarkan bantuan keuanganatau insentif yang terlihat maupun tidak terlihat atau memberikan bagian keuntungan untuk mempengaruhi seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia agar membatalkan statusnya sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dan kemudian mengajukan permohonan ulang menjadi Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia di bawah sponsor yang berbeda. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang ditemukan terlibat praktek dimaksud dapa tmengakibatkan statusnya sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia akandibekukan atau dibatalkan. 
       
BAB VIII
PENSPONSORAN YANG TIDAK SAH DAN SANKSINYA
8.1. Pensponsoran yang tidak sah dalam konteks berikut adalah mensponsori seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang sudah menjadi Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia pada jaringan/group lain. 
8.2. Perusahaan berhak untuk mengambil tindakan terhadap Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang melakukan pensponsoran yang tidak sah, sebagai berikut: 
  8.2.1. Status sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tersebut akan dicabut atau dibatalkan, baik yang mensponsori atau yang disponsori 
  8.2.2. Mengeluarkan surat teguran dan/atau menjatuhkan sanksi kepada semua pihak yang terlibatdan tidak membayarkan bonus yang telah muncul. 
       
BAB IX
PEMBELIAN BARANG DAN HARGA
9.1. Pembelian produk dilakukan secara tunai atau pembayaran dengan cara lain sesuai yang ditentukan Perusahaan di kantor PT. Graha Waskitha Indonesia, Master Stockist dan Sub Stockist yang sah untuk setiap pembelian pribadi Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia. 
9.2. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia berhak mendapatkan harga yang sama yaitu sesuai dengan harga anggota yang telah diberlakukan oleh perusahaan untuk masing-masing wilayah. 
9.3. Harga anggota yang tercantum dalam daftar harga yang dikeluarkan perusahaan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPn). 
9.4. Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang telah melakukan pembelian produk, tidak dapat mengembalikan atau menukar dengan barang yang lain. 
       
BAB X
PERHITUNGAN, PENGIRIMAN BONUS DAN REWARD
10.1. Perhitungan Bonus Sponsor, Bonus Pasangan, Bonus Titik dan Bonus Matching Titik  akan dihitung setiap Hari Kerja Nasional sebagai satu periode. 
10.2. Perhitungan Bonus Repeat Order/Creative Marketing akan dihitung setiap bulannya sebagai satu periode. 
10.3. Pembayaran Bonus Sponsor, Bonus Pasangan, Bonus Titik dan Bonus Matching Titik akan dibayar setiap hari kerja Nasional ( Senin, Selasa, Rabu, kamis dan Jum’at). Pembayaran Bonus Repeat Order/Creative Marketing akan dibayarkan setiap awal bulan pada minggu pertama melalui system komputerisasi dan dibayarkan ke rekening bank yang ditunjuk oleh Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia. Pada saat pengisian data menjadi Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia segala biaya yang dibebankan oleh bank terhadap pengiriman bonus menjadi beban dan tanggung jawab Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang bersangkutan.
10.4. Transfer Pembayaran Bonus Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia oleh perusahaan akan dilakukan minimal transfer sebesarRp. 55.000.- (lima puluh lima ribu rupiah) dan apabila bonus Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia masih dibawah nilai minimal transfer maka bonus tersebut akan ditunda sampai mencukupi nilai minimum transfer.
10.5. Pencairan Reward promo (Hand Phone, Tour Domestik dan Tour Internatinal) akan dilakukan enam bulan sekali di acara Celebration Award, yang merupakan Agenda Kegiatan Tahunan perusahaan dan diadakan 2 kali dalam setahun.
10.6. Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang telah kualifikasi mencapai Reward Promo Tour Domestik dan Reward International  akan diberangkatkan pada bulan juni atau juli setiap tahunnya.
10.7. Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang mencapai promo tour domestik dan Reward Tour International tidak dapat mewakilkan keberangkatannya kepada pihak lain. Promo Tour Domestik dan Promo Tour International tidak dapat ditukar/diganti dengan uang cash.
       
BAB XI
PENUNDAAN &PEMBATALAN BONUS
11.1. PT. Graha Waskitha Indonesia mempunyai hak penuh dan mutlak setiap saat untuk menahan atau membatalkan keuntungan yang diterima seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia termasuk atas bonus dan hak-hak lainnya dalam hal: 
11.2. Kepada seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang telah dikeluarkan surat bukti pelanggaran karena melanggar peraturan yang telah ditetapkan PT. Graha Waskitha Indonesia, termasuk kode etik, program pemasaran (system Marketing Plan) atau kebijakan perusahaan lainnya maka PT. Graha Waskitha Indonesia berhak menunda atau membatalkan bonus member PT. Graha Waskitha Indonesia
11.3. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang sedang dalam penyelidikan yang dilakukan PT. Graha Waskitha Indonesia atas dugaan pelanggaran terhadap peraturan Keanggotaan, kode etik, program pemasaran (system Marketing Plan) atau kebijakan perusahaan lainnya. 
11.4. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang telah terbukti bertanggung jawab atas pelanggaran peraturan Keanggotaan, kode etik, program pemasaran (system Marketing Plan) atau kebijakan perusahaan lainnya. 
11.5.  Penundaan penyelesaian pemindahan hak Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia kepadaahli waris. 
11.6.  Alasan/sebab lainnya yang dianggap perlu dan baik oleh PT. Graha Waskitha Indonesia.
       
BAB XII
PAJAK PENGHASILAN DAN POTONGAN INDEX
12.1. Penerimaan bonus oleh Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dikenakan pajak mengikuti ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia, dimana setiap Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang mendapatkan bonus akan langsung dipotong pajak penghasilan (PPh) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. 
12.2. Segala kewajiban perpajakan dari seorang Mitra UsahaPT. Graha Waskitha Indonesia menjadi beban dan tanggung jawab Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang bersangkutan.
12.3. Setiap Bonus yang dibayarkan kepada Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia akan dikenakan potongan INDEX sebagai system pengaman perusahaan sesuai dengan masing-masing program pemasaran/marketing plan yang ada. Besarnya potongan pengaman INDEX tidak lebih dari 15 % (lima belas persen).
       
BAB XIII
HAK MITRA USAHA PT. GRAHA WASKITHA INDONESIA
13.1. Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia berhak mendapatkan kartu anggota/Nomor ID. 
13.2. Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia berhak memasarkan produk PT. Graha Waskitha Indonesia dan mensponsori siapa saja, dimana saja sepanjang tidak melanggar kode etik dan peraturan yang telah ditetapkan perusahaan. 
13.3. Setiap Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia akan mendapatkan bonus sesuai dengan ketentuan Program Pemasaran (Marketing Plan) yang berlaku. 
       
BAB XIV
LARANGAN & TANGGUNG JAWAB MITRA
USAHA PT. GRAHA WASKITHA INDONESIA
14.1. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia adalah mandiri dan bebas untuk menjalankan usahanya, Oleh karena itu seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tidak boleh mengklaim atau bertindak sebagai seorang karyawan seolah-olah mempunyai hubungan kerja secara struktural dengan PT. Graha Waskitha Indonesia. Tindakan keras akan dilakukan kepada siapa saja yang melanggar aturan ini. 
14.2. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dilarang menyampaikan penjelasan atau penawaran program pemasaran (system Marketing Plan) atau yang berhubungan dengan produk dan layanan yang tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh PT. Graha Waskitha Indonesia.
14.3. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dilarang menyampaikan informasi yang tidak masuk akal, salah arah atau tidak mewakili tentang keuntungan yang dapat diperoleh, dan Dilarang meyampaikan bahwa PT. Graha Waskitha Indonesia dapat menjamin penghasilan. 
14.4. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tidak diperbolehkan meminta atau mempengaruhi Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia lain untuk menjual atau membeli produk atau layanan yang diluaryang ditentukan/ditawarkan PT. Graha Waskitha Indonesia, termasuk merubah, memodifikasi program pemasaran (system Marketing Plan). Seorang Mitra UsahaPT. Graha Waskitha Indonesia menyetujui bahwa pelanggaran terhadap aturan ini dapat menyebabkan status keanggotaannya diberhentikan karena dapat mengakibatkan kerugian yang besar terhadap PT. Graha Waskitha Indonesia dan Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang lainnya.
14.5. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia bertanggung jawab sendiri terhadap keputusan bisnisnya dan pengeluarannya. 
14.6. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia harus mematuhi dan bertindak sejalan dengan peraturan Keanggotaan PT. Graha Waskitha Indonesia, kode etik, program pemasaran dan seluruh kebijakan lainnya. 
14.7. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia secara pribadi bertanggung jawab untuk mematuhi aturan hukum yang berlaku secara nasional atau peraturan daerah lainnya. 
14.8. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia harus bertindak sejalan dengan hukum, peraturan dan kode etik dalam menjalankan kemitraannya dan tidak terlibat dalam aktivitas apapun yang dapat merugikan dirinya sendiri dan PT. Graha Waskitha Indonesia. 
14.9. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dilarang melakukan presentasi kepada calon Mitra Usaha baru atau kepada konsumen yang tidak sesuai atau membuat janji yang tidak dapat dipenuhi. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dilarang menyampaikan informasi kepada konsumen atau calon Mitra Usaha baru dengan cara yang salah. 
       
BAB XV
ATURAN PENJUALAN DAN HARGA JUAL
15.1. Harga jual dari semua produk PT. Graha Waskitha Indonesia adalah harga yang telah ditetapkan oleh PT. Graha Waskitha Indonesia dan tidak ada seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia pun diijinkan mengurangi atau menaikkan harga termasuk dengan cara merubah harga yang tertera pada label harga atau kemasan produk PT. Graha Waskitha Indonesia.
Penundaan Status sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tersebut akan dicabut atau dibatalkan, baik yang mensponsori atau yang disponsori apabila sudah mendapatkan surat teguran dan atau Pelanggaran yang dilakukan tidak dapat ditolerir.
Pelanggaran terhadap ketentuan ini akan berakibat pada penghentian sementara status keanggotaan Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang bersangkutan. 
15.2. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tidak diijinkan mengirim, menyalurkan atau menjual produk dengan cara memberikan potongan harga, hadiah, promosi yang secara kumulatif atau dengan cara apa pun yang menunjukan bahwa produk dimaksud disalurkan atau dijual lebih rendah atau lebih tinggi dari harga jual yang telah ditentukan kecuali semua hal diatas dilakukan setelah ada persetujuan dari PT. Graha Waskitha Indonesia. 
       
BAB XVI
KETERLIBATAN DALAM PERUSAHAAN MLM LAINNYA
16.1. Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang telah mencapai posisi Manager / pencapain Reward Sepeda Motor ke atas tidak dibenarkan untuk terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan cara apa pun juga dalam aktivitas perusahaan MLM lainnya atau terlibat aktivitas lain yang membawa akibat negatif terhadap PT. Graha Waskitha Indonesia. Apabila seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia terbukti terlibat dalam masalah tersebut di atas maka pihak PT. Graha Waskitha Indonesia akan membatalkan/memberhentikan status keanggotaan Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tersebut. 
16.2.  Seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dilarang baik secara langsung maupun tidak langsung baik atas kehendak sendiri atau bersama dan atas permintaan pihak lain, memperkenalkan atau merekrut Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang berada dalam jaringan lain untuk bergabung atau berpartisipasi dalam kegiatan penjualan perusahaan MLM lainnya atau perusahaan bisnis jaringan atau menyalurkan, menjual atau mempromosikan produk atau jasa perusahaan Kompetitor PT. Graha Waskitha Indonesia. Apabila seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia terbukti terlibat dalam masalah tersebut diatas maka pihak PT. Graha Waskitha Indonesia akan membatalkan / memberhentikan status keanggotaan Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tersebut. 
       
BAB XVII
PEMBINAAN DAN PELATIHAN/SUPPORT SYSTEM
17.1. Perusahaan melalui support systemnya Waskitha Foundation akan mengadakan pembinaan dan program–program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para Leader PT. Graha Waskitha Indonesia agar bertindak benar, jujur dan bertanggung jawab. 
17.2. Dalam hal ini Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia diwajibkan untuk mengikuti program pembinaan dan pelatihan yang diadakan oleh Support System baik secara rutin maupun secara berkala.
17.3. Segala bentuk alat bantu dikelola atau disiapkan oleh Support System antara lain :
 
  1. Pin
  2. Plip chart
  3. Buku standart
  4. Majalah sukses
  5. Kostum, dll
17.4. Keuntungan penjualan alat bantu akan dipergunakan oleh mitra PT. Graha Waskitha Indonesia untuk jalan-jalan keluar negeri sesuai perhitungan per satu tahun.
       
BAB XVIII
SANKSI-SANKSI
18.1. Jika seorang Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia melanggar ketentuan yang tercantum dalam peraturan keanggotaan PT. Graha Waskitha Indonesia, kodeetik, program pemasaran dan kebijakan perusahaan lainnya, keanggotaan dari Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang bersangkutan akan dibekukanatau dibatalkan. 
18.2. Selama masa penyelidikan yang dilakukan PT. Graha Waskitha Indonesia atau setelah dikeluarkannya surat teguran kepada Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang melakukan pelanggaran, maka akan diterapkan ketentuan sbb : 
  18.2.1. PT. Graha Waskitha Indonesia dibenarkan melakukan teguran secara lisan atau mengeluarkan sebuah surat teguran kepada Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan keanggotaan PT. Graha Waskitha Indonesia, kode etik, program pemasaran dan kebijakan lainnya. 
  18.2.2. Surat teguran yang telah dikeluarkan kepada Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia, maka yang bersangkutan harus menyampaikan penjelasan tertulis perihal kasus yang dituduhkan dalam waktu 14 (empat belas) hari dari tanggal dikeluarkannya surat teguran sebagai bahan pertimbangan bagi PT. Graha Waskitha Indonesia. Maka pihak Managemen PT. Graha Waskitha Indonesia berhak membekukan/melarang yang bersangkutan untuk berpartisipasi atau melakukan kegiatan yang termasuk melakukan order, melakukan penjualan atau pembelian yang berhubungan dengan produk PT. Graha Waskitha Indonesia. Kegiatan yang berhubungan dengan jaringan, sponsor, melakukan perubahan data keanggotaan, mengikuti pelatihan, berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh PT. Graha Waskitha Indonesia, berpartisipasi dalam kegiatan promosi atau kegiatan yang mengandung insentif, menerima bonus, komisi atau insentif sampai ada keputusan akhir dan mengikat yang dikeluarkan oleh PT. Graha Waskitha Indonesia. 
  18.2.3. Dalam hal Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesiayang bersangkutan gagal menyampaikan jawaban tertulis dimaksud dalam waktu yang telah ditentukan, PT. Graha Waskitha Indonesia berhak mengambil tindakan yang dianggap pantas dan layak.
  18.2.4. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sumber terpercaya atau dari hasil penyelidikan yang dilakukan PT. Graha Waskitha Indonesia terhadap pernyataan dan faktayang diperoleh bersamaan dengan informasi yang disampaikan kepada Perusahaan selama masa tenggang waktu pemberian jawaban, perusahaan akan mengambil putusan akhir yang selayaknya untuk itu yang meliputi pembatalan status sebagai Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia, kode etik, programpemasaran atau kebijakan perusahaan lainnya berdasar kasus demi kasus. Perusahaan akan memberitahukan keputusan yang diambil kepada Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia  yang bersangkutan dan tindakan yang diambil berlaku efektif segera setelah putusan dimaksud dikeluarkan. 
  18.2.5. Dalamhal terjadi pembatalan status Keanggotaan yang bersangkutan dan semuakeuntungan yang mungkin diperoleh sesuai dengan program pemasaran PT. Graha Waskitha Indonesia termasuk tetapi tidak terbatas pada keuntungan yang dapat diperoleh dari kegiatan promosi, kegiatan yang mengandung insentif sertahak-hak lainnya akan ditiadakan. Sejak tanggal pembatalan di maksud Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang bersangkutan secara otomatis dilarang untuk terlibat dalam kegiatan apa pun yang berhubungan dengan produk, Program Pemasaran PT. Graha Waskitha Indonesia 
  18.2.6. Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang telah dicabut keanggotaannya dapat mengajukan permohonan menjadi Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang baru setelah melampaui masa 2 (dua) bulan terhitung dari tanggal surat pembatalan keanggotaan dikeluarkan. Tetapi persetujuan permohonan dimaksud harus diverifikasi dan mendapat persetujuan dari Managemen PT. Graha Waskitha Indonesia.
       
BAB XIX
PENGUNAAN NAMA & LOGO PERUSAHAAN
19.1. Logo PT. Graha Waskitha Indonesia, merek dagang, merek jasa, nama produk dan harta komersil lainnya yang terlihat maupun tidak terlihat, terdaftar atau tidak terdaftar, rekaman video, peralatan kantor, barang-barang cetakan, yang diperuntukan dan berhubungan dengan PT. Graha Waskitha Indonesia adalah hakmilik PT. Graha Waskitha Indonesia. Oleh karena itu, hak milik tersebut tidak boleh digunakan, dipindahkan atau diproduksi ulang oleh Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia tanpa persetujuan lebih dahulu dari PT. Graha Waskitha Indonesia. 
19.2. Tidak diperkenankan memasang spanduk yang berhubungan dengan perusahaan sebelum mendapatkan izin tertulis dari PT. Graha Waskitha Indonesia.
19.3. Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia yang hendak membuka stand pameran produk PT. Graha Waskitha Indonesia dalam suatu acara bisnis harus terlebih dahulu mendapat izin secara tertulis dari PT. Graha Waskitha Indonesia.
       
BAB XX
PENUTUP
Demikian Kode etik dan peraturan ini dibuat adalah untuk keamanan perusahaan PT. Graha Waskitha Indonesia dan untuk kenyamanan para Mitra Usaha PT. Graha Waskitha Indonesia dalam menjalankan usahanya. 
PT. Graha Waskitha Indonesia mempunyai hak penuh dan mutlak kapan saja bahkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu untuk merubah, membedakan atau menambah atau menyesuaikan peraturan Keanggotaan PT. Graha Waskitha Indonesia, kode etik, program pemasaran dan kebijakan lainnya. 
       
 
Wonomulyo, 13 Oktober 2013,
TTD

 

S Y A R I F U D D I N
Direktur Utama & CEO PT. Graha Waskitha Indonesia